Video Tim Oranye Menyelam di Got jadi Viral, Ini Kekhawatiran Ahok

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sempat mempertanyakan tindakan para pekerja harian lepas (PHL) yang bekerja tanpa menggunakan alat pengaman.

Sebelumnya, sebuah video beredar, menunjukkan para PHL dari Dinas Kebersihan DKI (pasukan oranye) dan Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta (pasukan biru) tengah menyelam di got berwarna hitam tanpa pengaman.


"Ya saya sudah tanya, 'Kenapa enggak mau pakai kacamata, pakai alat pengaman?' Mereka bilang memang sering begitu," kata Ahok, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (22/2/2017).

Menurut Ahok, para PHL itu tak menggunakan kacamata renang ketika menyelam di got.

Mereka, kata Ahok, kerap memejamkan mata ketika menyelam.

Selain itu, mereka juga meraba-raba ketika menyelam.

Terkait hal ini Ahok khawatir.

"Saya juga kan takut mata mereka kena (hal-hal berbahaya)," kata Ahok.

Ahok mengaku telah menginstruksikan Kepala Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan dan Kepala Dinas lingkungan hidup DKI Jakarta Isnawa Adji untuk melengkapi para petugas mereka dengan pengaman.

"Pak Teguh sudah bilang, semua dibelikan alat yang lengkap sih," kata Ahok.




Video pendek mengejutkan

Sebuah video pendek Tim Oranye Pemprov DKI Jakarta yakni Pekerja Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) yang memiliki tugas untuk mengatasi genangan air di Jakarta bikin kaget, Rabu (22/2/2017).

Video tersebut menunjukkan pengorbanan seorang pekerja yang rela menyelam di dalam air selokan demi mengambil sumbatan selokan.

Pada video tersebut terlihat seorang petugas mengambil sesuatu dari dalam genangan, lalu tiba-tiba muncul seseorang yang basah kuyup keluar dari air selokan.

Ia menggunakan cangkul mengambil kotoran sumbatan saluran air.

Video ini mendadak jadi viral apalagi setelah melalui Twitter, Addie Ms juga posting video ini dan menuai banyak tanggapan.

"Aku masih blm bisa mupon lihat ini. Sekali lagi, bravo buat Pasukan Oranye!" Tulis pendiri Twilite Orkestra ini.





"@addiems hrsnya yg suka buang sampah sembarangan dihukum suruh bersiin got ky gini," tulis akun Galuh Tantri‏@TantriGaluh menanggapi postingan Addie Ms.

"@addiems lihatlah PENGORBANAN mereka..Apakah kita2 masih TEGA buang sampah sembarangan??" Imbuh Freddy‏@kitsiangfreddy.

"@addiems Saya jg heran,banyak yg belum berbuat tapi lagaknya kayak Pahlawan.Yg nyata2 brbuat sj diam.Pahlawan Oranye bekerja tanpa bnyk kata," tambah akun ‏@lunaji2014.

"@addiems masyaAllah..." Komentar lidya‏@lidyanew17

"@addiems saya kira tadinya mau nangkap encu, ga taunya ada orang yg nongol dari dalam got, gila totalitas bgt," tanggapan Eduward‏@3duw4rd.

Viral di Facebook

Seperti dikutip dari Tribun-Video, video ini menjadi viral di media sosial, setelah diunggah oleh Irfan Jussadi di akun Facebooknya pada Selasa (21/2/2017).

Aksi dari para pasukan orange ini mendapatkan banyak apresiasi positif dari netizen.

"Masyarakat harus sadar untuk membuang sampah tidak sembarangan, lihat perjuangan pasukan orange buat membersihkan gorong-gorong," tulis pengelola akun Facebook Liana Erma Laurens.

"Semoga video ini menyadarkan kita supaya tidak membuang sampah sembarangan, ingat sampah kita mengakibatkan mereka harus mempertaruhkan nyawa dan kesehatan mereka, terima kasih abang-abang tim oranye," tulis pengelola akun Facebook Feriansyah Abubakar. (Kompas.com/TribunWow.com)

Sumber:.tribunnews.com
Video Tim Oranye Menyelam di Got jadi Viral, Ini Kekhawatiran Ahok Video Tim Oranye Menyelam di Got jadi Viral, Ini Kekhawatiran Ahok Reviewed by Unknown on 00:17 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.